HONDA CB 500X menjadi salah satu anggota keluarga Honda Big Bike yang dihadirkan bagi para riders yang doyan berpetualang. Kuda besi ini memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk berpetualang.*
BAGI mereka yang doyan berpetualang dengan sepeda motor, tentu membutuhkan kuda besi yang mumpuni. Mesin berkapasitas besar, bodi gemuk, tampang gahar, performa maksimal yang mampu melibas segala kondisi jalan. Para adventure sejati, tentunya sepeda motor tersebut akan banyak diminati, terlebih jika ditunjang juga dengan fitur dan teknologi canggih serta terkini.
Honda belum lama ini memang telah memperkenalkan lini big bike nya di pasar tanah air. Dari sekian banyak line up yang masuk ke tanah air, model CB 500X menjadi primadona banyak konsumen.
Dari tampilan, DNA motor adventure sangat kental. Tampang depan dari CB 500X menyerupai kepala bebek. Hal itu terlihat pada moncong di bawah head unit LED. Lalu di atas lampu pun terpasang windshield. Hembusan angin tidak akan terlalu terasa ke badan, bahkan itu menambah motor kian aerodinamis.
Motor ini memiliki panjang 2.095 mm, lebar 830 mm dan tinggi 1.360 mm. kemudian jarak sumbu roda 1.420 mm, lalu tinggi jok hanya 810 mm, jarak ke tanah 170 mm dan bobot total 196 kg.
Saat mencicipi CB 500X, hal pertama yang terucap adalah gagah dan macho. Motor ini memang didesain gahar namun tetap futuristic . hal tersebut Nampak pada motif di bodi samping.
Performa dari CB 500X gahar. Dapur pacu yang dibekali adalah 471 cc PGM FI, liquid cooled, 4 stroke, 8 valve DOHC parallel twin cylinder PGM FI. Dengan kapasitas mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 35 kW/8.500 rpm dan torsi maksimal 43 NM/7.000 rpm.
Hal tersebut terbukti ketika mencoba jalanan di kawasan Bandung Utara dan Selatan. Kontur jalanan menanjak dan berkelok nyaris tidak ada kendala. Bahkan, handling motor ini saat belok dalam kecepatan cukup tinggi pun tetap nyaman.
Seperti diketahui, motor ini menggunakan frame diamond tube. Lalu dengan ukuran roda 17 inci, lalu suspensi depan telescopic 41 mm, dan suspensi belakang Steel Square Pipe Swingarm with Pro-link system and Single Shock with 9 Position Spring-Preload Adjustability.
Ketika mencoba jalanan bergelombang, bebatuan, dan semi offroad di kawasan Situ Lembang dan Bumi Perkemahan Cikole, motor ini masih mampu dengan nyaman digunakan. Beragam medan dapat dilalui dengan nikmat.
Posisi duduk atau riding position cukup nyaman. Namun perlu diperhatikan, agar lebih nyaman dan tidak pegal duduk sedepan mungkin atau mengenai tangki. Juga kaki menjepit ke tangki, dan posisi tangan harus menekuk atau menyiku.
Dari segi pengereman, depan belakang telah menggunakan piringan cakram, dan ABS atau Anti lock Breking System
Identiknya motor ber-cc besar, perpindahan tiap gigi transmisi kerap terjadi hentakan atau terdengar suara keras. Motor ini telah didesain ulang shift drumnya, sehingga perpindahan transmisi kian lembut. Motor ini memiliki enam percepatan. Selain untuk adventure, motor ini pun masih dapat digunakan untuk harian.***
No comments: